Home » , , » Kisah Horor Hantu Tiyanak Yang Selalu Haus Akan Darah

Kisah Horor Hantu Tiyanak Yang Selalu Haus Akan Darah

Written By oe! on Monday | 01:35


Tahukah kamu Tiyanak atau juga dikenal sebagai tianak, ternyata merupakan sosok vampir dalam mitologi Filipina. Konon makhluk penghisap darah ini memiliki wujud menyerupai bayi baru lahir atau anak kecil. 

Kisah Horor Hantu Tiyanak Yang Selalu Haus Akan Darah

Biasanya Tiyanak akan menyamar menjadi bayi dan menangis untuk menarik perhatian manusia. Kemudian disaat seorang manusia mendekatinya, maka dia akan berubah ke wujud aslinya dan tidak segan-segan untuk mengisap darah orang tersebut. Konon tiyanak juga senang menyerang wisatawan yang tersesat, atau menculik anak kecil.

Meskipun tiyanak umumnya diceritakan dalam berbagai versi, namun semua cerita tentang tiyanak ini memiliki beberapa kesamaan, yakni tentang kemampuannya meniru wujud dan suara tangis bayi untuk memikat sang korban. Beberapa rumor mengatakan bahwa tiyanak memiliki wujud pria tua dengan kulit keriput, jenggot dan kumis panjang, hidung datar dan mata ukuran koin.

Sementara cerita lain mengabarkan bahwa tiyanak relatif malas untuk bergerak karena kaki kanannya jauh lebih pendek daripada kaki kirinya. Oleh sebab itulah, tiyanak digambarkan lebih suka melompat daripada berjalan. Ada pula cerita lainnya, yaitu dari orang-orang Mandaya di Mindanao yang mengklaim bahwa tiyanak adalah roh dari seorang anak yang ibunya meninggal sebelum melahirkan. Sehingga hal ini menyebabkan dirinya harus lahir di dalam kubur.

Dulu kala dimasa penjajahan Spanyol di Filipina, pada abad ke-16, mitos tiyanak diintegrasikan ke dalam agama Kristen. Konon Tiyanak dalam versi Kristen merupakan jiwa bayi yang mati sebelum sempat dibaptis. Kini, definisi tersebut diperluas menjadi, janin yang diaborsi dan kembali dari kematian untuk menuntut balas pada orang-orang yang telah merampas hidupnya.



Pilih Artikel Menarik Lainnya Disini :

 
Copyright © Fakta Unik Seru dan Menarik - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger