Home » » 5 Sumber Energi Masa Depan Pengganti Minyak Bumi & Batu-Bara

5 Sumber Energi Masa Depan Pengganti Minyak Bumi & Batu-Bara

Written By Indah! on Tuesday | 12:00


Pada saat ini manusia masih memanfaatkan sumber energi dari minyak bumi dan batu-bara. Jadi seperti yang kita ketahui dua sumber energi ini tidak terbarukan dan apabila terus di gunakan dan ditambang secara terus menerus maka suatu saat nanti sudah pasti minyak bumi dan batu bara akan habis, nah jika sumber energi ini habis maka secara otomatis manusia tidak akan memiliki sumber energi lagi. 

5 Sumber Energi Masa Depan Pengganti Minyak Bumi & Batu-Bara

Sementara cara untuk mengatasi kejadian kehabisan energi maka perlu dilakukan pembuatan dan pemanfaatan energi alternatif sebagai pengganti minyak bumi. 

Nah, berikut ini kami rangkum beberapa sumber energi alternatif yang kemungkinan besar akan digunakan manusia di masa depan Apakah kamu mau tahu Energi Alternatif apa saja itu? Penasaran, simak yang berikut ini.

1. Tenaga Air 
Di Bumi ini air bisa ditemukan di mana-mana. Jadi ternyata air juga bisa dijadikan sumber energi tentunya yang bisa jadi sumber energi adalah air yang mengalir, Air mengalir ini biasa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, air mengalir tadi akan menggerakan generator listrik yang mampu menghasilkan daya listrik. 

2. Tenaga Matahari 
Kita tahu bahwa matahari selalu memancarkan panas dan cahayanya sepanjang hari ke bumi nah tentunya ini bisa dijadikan sumber energi. Tenaga matahari atau tenaga surya adalah energi yang didapat dengan mengubah panas matahari melalui peralatan tertentu menjadi sumber pembangkit daya. 

3. Tenaga Nuklir 
Apabila nuklir dimanfaatkan maka bisa menjadi sumber energi yang sangat besar, Proses nuklir menjadi energi disebut reaksi fisi. Pada pembangkit listrik tenaga Nuklir reaksi fusi akan menghasilkan panas nah uap panas inilah yang dimanfaatkan untuk menguapkan air yang berfungsi untuk membangkitkan generator listrik. 

4. Tenaga Angin 
Angin juga dapat diolah menjadi sumber energi alternatif. Melalui penggunaan baling-baling atau kincir, tenaga angin disalurkan ke dalam turbin dan diolah menjadi listrik. 

5. Energi Biomassa 
Energi ini sendiri berasal dari tanaman yang telah diambil manfaatnya seperti, pepohonan, rumput, ubi, limbah pertanian, limbah hutan, tinja, dan kotoran ternak. Sumber energi biomassa mempunyai beberapa kelebihan, antara lain merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui (renewable) sehingga dapat menyediakan sumber energi secara berkesinambungan (suistainable). 

Jadi itulah beberapa sumber energi pengganti yang akan digunakan manusia di masa depan.



Pilih Artikel Menarik Lainnya Disini :

 
Copyright © Fakta Unik Seru dan Menarik - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger