Home » , , » Seram, Mumi Api Yang Ada di Filipina Ini Bikin Merinding

Seram, Mumi Api Yang Ada di Filipina Ini Bikin Merinding

Written By Cantik Ayu! on Friday | 03:15

Percaya tidak, ternyata Filipina juga punya mumi yang mampu membuat bulu kuduk berdiri. Mumi Filipina ini disebut sebagai mumi api, yang memiliki cara pengawetan tersendiri. Umurnya pun telah mencapai ratusan tahun. Beginilah kisah selengkapnya!

Seram, Mumi Api Yang Ada di Filipina Ini Bikin Merinding

Seperti yang kita ketahui bahwa mumi adalah sebutan untuk mayat yang diawetkan selama bertahun-tahun. Bisa jadi, sebagian traveler malah penasaran dan tertarik menyusuri kisah-kisah mumi yang ada di dunia.

Dilansir dari situs Mummy Tombs, Kamis (25/7/13) mumi api ini adalah sebutan dari Mumi Kabayan yang masih memiliki kisah misterius. Mumi-mumi tersebut diyakini sebagai peninggalan dari suku Ibaloi yang ditemukan di Kabayan, Provinsi Benguet, Filipina.

Seram, Mumi Api Yang Ada di Filipina Ini Bikin Merinding

Pada awalnya, mumi-mumi ini ditemukan pada tahun 1900-an dengan kondisi baik di dalam Gua Timbak yang ada di atas gunung. Perjalanan untuk mendaki dan menemukan mumi ini pun membutuhkan waktu sekitar 5 jam lamanya.

Namun beberapa ilmuwan percaya, mumi api ini sudah ada sejak tahun 1200-1500 Masehi di 5 kota yang ada di Filipina dan dikubur ke dalam gua-gua. Namun sayang, praktek pembuatan mumi ini terhenti karena Spanyol menjajah Filipina sekitar tahun 1500-an.

Seram, Mumi Api Yang Ada di Filipina Ini Bikin Merinding

Sebenarnya ada keunikan dalam proses membuat mumi-mumi ini. Proses pembuatannya pun cukup memakan waktu hingga berbulan-bulan. Sebelum menjadi mayat, mereka yang mau dijadikan mumi dipaksa minum air yang sangat asin.

Setelah meninggal, mereka lalu dicuci dan diletakkan dengan posisi duduk di atas api untuk dijadikan mumi. Hal itulah yang membuat cairan tubuhnya keluar. Asap tembakau juga ditiupkan ke dalam mulut jasad untuk mengeringkan organ-organ tubuh.

Tapi sayang beribu kali sayang, mumi api yang jumlahnya tidak sedikit ini diburu oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Jadi oleh sebab itu, pemerintah setempat melindungi gua-gua yang diyakini terdapat mumi. Apalagi mumi api ini masuk dalam salah satu dari 100 situs paling terancam punah di dunia.

Hingga berita ini diturunkan, tercatat 28 mumi api yang bisa dilihat wisatawan pada sebuah museum di Kabayan. Lihatlah mumi api dari dekat, bentuk lekuk tubuhnya masih terlihat jelas. Hampir semua mumi api di Filipina pun terlihat membuka mulutnya. Hii!



Pilih Artikel Menarik Lainnya Disini :

 
Copyright © Fakta Unik Seru dan Menarik - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger